Jumat, 20 Januari 2012

13 penyebab akun facebook di blokir

3 Penyebab Akun Facebook di Blokir atau di Hapus - Di sini saya tidak memberikan tips ataupun trik cara memblokir akun facebook orang atau menghapus akun facebook orang lain dari facebook karena hal yang seperti itu tidak mungkin terjadi. Ketika akun facebook anda tidak dapat di buka lagi atau di akses pasti dalam hati anda akan bertanya tanya, kenapa akun facebook saya tidak bisa di buka atau di akses ? Nah sebenarnya pihak facebook sendiri tidak akan memblokir sebuah akun dengan tanpa alasan, apalagi menghapus akun facebook seseorang. Kenapa ? Karena pada Terms of Use Facebook mengatakan profile yang bermasalah tidak akan dihapus, melainkan hanya diblokir status keaktifannya. dan tindakan pemblokiran tersebut tentu karena ada alasannya dan inilah 13 alasan Penyebab Akun Facebook di Blokir atau di Hapus


1. Sering mengganti Nama User Facebook
Melalui menu settings, Anda memiliki kekuasaan untuk mengubah-ubah nama Anda, tentu bukan untuk sembarangan mengubah nama. Facebook akan mengecek setiap perubahan nama sehingga tidak aneh bila nama yang Anda gunakan belum berubah setelah beberapa jam atau bahkan beberapa hari setelah kamu mensubmit nama baru kamu hanya karena nama anda terlihat mencurigakan. Bahkan bila ketahuan bahwa ada user yang menggunakan nama palsu, maka account tersebut bisa diblokir. Perlu diperhatikan bahwa nama samaran atau nickname juga termasuk yang dilarang di sini (tentu saja kalau sampai ketauan), jadi usahakan menggunakan nama yang tertera di KTP atau akta kelahiran.
2. Terlalu banyak join ke group
Kalau anda join ke group, apakah anda benar-benar mengikutinya? Atau sekedar untuk beriklan atau spamming dan mencari teman baru aja? Hati-hati kalau anda sudah join ke 200 group atau lebih.

3. Terlalu banyak mengirim message
Terlalu banyak mengirim messageke satu atau banyak wall atau sebuah group.
Facebook akan menganggap tindakan anda sebagai spamming. Atau bahkan dianggap terlalu fanatik terhadap suatu hal (evangelisme), misalnya saja masalah SARA. Kalau mau ngomongin sampai banyak hal ke satu orang, lebih baik lewat message aja, atau lewat fitur chat yang disediain. Ini yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang berjualan suatu produk. Singkat kata bisa dikategorikan juga sebagai spamming. Kalau mau promosi produk, sebisa mungkin jangan berlebihan sampai group-group yang ga kita ikutin juga jadi korban “marketing plan” kamu (cieh, mentang-mentang semalem baru kerjain tugas entrepreneurship) 

4. Berteman dengan terlalu banyak orang
Siapa bilang banyak teman itu selalu hal yang bagus? Bagi sebagian orang, banyak teman berarti populer, dan bahkan banyak yang senang kalau diajak kenalan. Di Facebook, kebanyakan teman justru akan terlihat mencurigakan, bukan cuma bagi tim Facebook-nya, tapi juga dari orang-orang yang anda add sebagai teman. Sebagai catatan bahwa 5000 adalah jumlah maksimum teman yang bisa kamu punya di Facebook, dan juga makin mendekati angka ini berarti makin mencurigakan. Satu hal lagi yang penting, jangan nge-add teman hanya karena aplikasi saja! 

5. Nama sekolah dan organisasi yang anda ikuti mencurigakan / tidak benar 
Jangan asal nulis bahwa anda lulusan ITB atau Harvard kalau anda baru sekolah sampai SMA sekarang ini. Hal ini termasuk juga di network. 

6. Poke/Colek terlalu banyak orang 
Salah satu fitur di Facebook adalah poke yang berfungsi untuk menarik perhatian dengan notification khusus (tanpa harus mengirim message). Hampir semua orang, baik yang merupakan teman atau tidak bisa kita poke. Tapi jangan sampai kita poke ke terlalu banyak orang, apalagi kalau tidak dikenal cuma karena iseng-iseng doank karena bisa-bisa account anda diblokir. 

7. Mengiklankan aplikasi di wall orang 
Oke, anda membuat aplikasi atau kuis, lalu anda menulis di wall orang lain dengan tujuan promosi aplikasi tersebut. Bukannya mendapat pengunjung yang ramai, malahan aplikasi anda dihapus dan account anda diblokir karena hal ini. Iklan dan spam batasnya sangat tipis di sini. Biarlah aplikasi anda berkembang jumlah penggunanya karena pengguna itu sendiri walau harus berjalan dengan lambat. 

8. Membuat pesan yang sama persis dan dikirim ke banyak orang
Siapa sih yang tidak suka metode copy paste? Selain praktis dan efektif, juga tidak perlu repot-repot lagi membuat rangkaian kata baru. Tapi ini juga merupakan ciri-ciri spam yang tentu saja tidak diperbolehkan di Facebook (sebagai info, spammer yang sudah profesional menggunakan message yang berbeda-beda untuk tiap spamnya).

9. Anda adalah seekor kucing, perpustakaan atau bangunan
“Being a real person is not enough, you must be a homo sapien.” Sebuah kutipan yang keren dan harus diingat. Yap, menjadi suatu hal yang benar-benar ada aja tidak cukup untuk bergabung di Facebook, tapi anda juga harus menjadi seorang manusia yang utuh. Jadi jangan sekali-sekali membuat account profile untuk peliharaanmu, usaha yang kamu rintis atau segala hal yang ga berbentuk manusia. Kalau mau, silahkan buat Page account saja karena itu memang tempat untuk segala macam hal selain profile pribadi.

10. Berusia di bawah 18 tahun.
Ok, sekarang mungkin terlihat tidak relevan lagi karena Facebook sendiri sudah memperbolehkan tahun kelahiran 2009 digunakan! Tapi jangan menganggap sepele aturan ini karena dalam Terms of Use di bagian Eligibility masih tertulis aturan bahwa Anda harus berumur 13 tahun ke atas DAN berumur kurang dari 18 tahun tetapi berada di bangku SMA (high school) atau kuliah. Batasan ini bisa diacuhkan bila anda sudah berumur 18 tahun lebih. Jadi jangan menganggap remeh aturan ini dan juga jangan memalsukan umur anda. 

11. Menulis konten yang bersifat offensif
Anda mungkin memiliki pendapat berbeda dengan orang lain atau mungkin tidak suka dengan orang lain. Tapi jangan sekali-sekali mengungkapkan itu melalui ruang publik secara kasar karena anda bisa langsung diblokir. Dan jangan pula memuat foto-foto syur di sana. Rasanya ini aturan umum yang ada kalau mau bergaul secara online alias netiquette. 

12. Mengoleksi informasi dari dan dengan menggunakan Facebook melalui script
Jangan pernah sekali-sekali menggunakan script untuk mengoleksi data penggunanya. Facebook tidak memberi toleransi sedikit pun bagi penggunaan script semacam ini. Dan gawatnya, anda akan sulit mempertahankan profile anda kalau sampai ini terjadi karena Facebook merekam aktivitas dan IP anda, dan itulah yang akan mereka gunakan sebagai alasan untuk tetap memblokir.

13. Berlebihan Meng-Add  akun orang untuk di jadikan teman
Kata berlebihan di sini adalah anda meng add secara masal orang orang yang anda lihat atau anda temui di facebook. Perlu di ketahui hal seperti ini akan berakibat akun anda tidak dapat meng add lagi orang lain sampai beberapa waktu.

Dan tentu saja bukan hanya 13 alasan di atas yang bisa membuat anda diblokir. Penggunaan Facebook yang tidak sesuai aturan yang berlaku juga bisa membuat anda diblokir dari Facebook. Bahkan hal sepele seperti menggunakan fitur dengan tidak seharusnya juga bisa membuat anda diblokir dari Facebook. Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan Friendster, sebisa mungkin hindari kebiasaan lama anda karena Facebook lebih tegas dan tidak segan-segan memblokir anda kalau ada laporan dari orang lain mengenai penyalahgunaan yang anda lakukan.

Jangan juga merasa bangga kalau anda melakukan hal-hal di atas atau melanggar aturan lainnya tetapi masih belum diblokir, karena Facebook juga dikelola oleh manusia dengan bantuan automasi dari mesin sehingga bisa saja tindakan anda belum terdeteksi. Tapi kalau sampai ada orang yang melaporkan kegiatan anda di Facebook, mungkin anda akan berfikir 2 kali untuk membanggakan diri. Ini bukan nakut-nakutin, tapi cuma sedikit saran aja. Mau diikuti syukur, tidak mau diikuti juga silahkan soalnya resiko tanggung sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar